Hampir semua organisasi yang bekerja dengan atau menghasilkan data, informasi maupun pengetahuan baru memiliki kebutuhan untuk mengomunikasi datanya, baik kepada publik ataupun kelompok yang ditargetkan. Pada kebutuhan ini, mengembangkan strategi komunikasi merupakan langkah penting pertama dalam menciptakan dan menyusun cerita atau pesan yang menarik untuk meningkatkan performa organisasi dalam menjangkau targetnya. Selain itu, ini akan membuka jalan bagi alur pesan yang konsisten untuk membangun kepercayaan dari para pemangku kepentingan.
Strategi komunikasi berbasis data secara internal juga membantu mendefinisikan fokus strategis organisasi atau sebuah proyek, dan memberikan kejelasan pada tim mengenai tujuan yang ingin dicapai dengan mengandalkan data dan informasi dari tangan pertama. Tanpanya, organisasi akan menghadapi risiko pesan yang dibuat tidak konsisten, strategi yang tidak koheren dan stagnan, serta hilangnya arah advokasi atau pembelaan HAM.
Untuk mengatasi hal tersebut, Datum Indonesia dapat membantu organisasi anda dalam mengembangkan strategi komunikasi kreatif dan berperspektif inklusif untuk kampanye ataupun pendidikan – baik luring maupun daring, agar memiliki dampak yang lebih luas dengan menggunakan data dan informasi yang diperoleh dari kerja-kerja lapangan.
Ingin mengomunikasikan data atau informasi lebih baik?